Senin, 16 November 2009

A. DEFINISI PENYAKIT
Appendisitis adalah penyakit radang pada appendiks vermiformis yang terjadi secara akut. Apendiks atau umbai cacing hingga saat ini fungsinya belum diketahui dengan pasti, namun sering menimbulkan keluhan yang mengganggu. Apendiks merupakan tabung panjang, sempit (sekitar 6 – 9 cm), menghasilkan lendir 1-2 ml/hari. Lendir itu secara normal dicurahkan dalam lumen dan selanjutnya dialirkan ke sekum. Bila ada hambatan dalam pengaliran lendir tersebut maka dapat mempermudah timbulnya apendisitis (radang pada apendiks). Di dalam apendiks juga terdapat imunoglobulin, zat pelindung terhadap infeksi dan yang banyak terdapat di dalamnya adalah Ig A. Selain itu pada apendiks terdapat arteri apendikularis yang merupakan end-artery.
Appendiksitis adalah merupakan peradangan pada appendik periformil. yaitu saluran kecil yang mempunyai diameter sebesar pensil dengan panjang 2-6 inci. Lokasi appendik pada daerah illiaka kanan,dibawah katup illiocaecal,tepatnya pada dinding abdomen dibawah titik Mc burney.
Apendisitis adalah suatu radang yang timbul secara mendadak pada apendik dan merupakan salah satu kasus akut abdomen yang paling sering ditemui. Apendisitis juga merupakan radang bakteri yang dicetuskan berbagai factor. Diantaranya hyperplasia jaringan limfe, fekalith, tumor apendiks dan cacing ascaris dapat juga menimbulkan penyumbatan..
Appendisitis adalah inflamasi pada appendiks atau penyembunyian kantung yang berakhir pada caecum, merupakan keadaan yang memerlukan pembedahan abdominal selama masa kanak-kanak. Walaupun tidak biasa / umum pada anak-anak dibawah 2 tahun ini dihubungkan dengan bertambahnya komplikasi dan kematian pada umur ini. Kondisi awal akut, appendisitis dengan cepat berkembang menjadi perforasi dan peroitonitis bila tidak terdiagnosa. Ini termasuk masalah pediatrik yang penting, karena diagnosa awal sering terlambat sebagai hasil dari ketidakmampuan anak-anak untuk mengungkapkan gejala (Whaley & Wong’s, Essential Pediatrik Nursing)

B. ETIOLOGI
Penyebab yang benar dari appendisitis kurang di mengerti, tapi hampir selalu disebabkan oleh obstruksi pada lumen , biasanya oleh fekalit (feses besar). Kadang-kadang lipatan peritoneum menyebabkan appendiks menempel pada caecum, menghasilkan kekakuan secara obstrukitf. Penyebab yang lain adalah hiperplasia kelenjar limfe, stenosis berserat dari awal inflamasi dan tumor. Parasit dan mikroorganisme termasuk agent penyebab yang potensial. Cacing kerawit tidak memperlihatkan untuk bisa menjadi penyebab appendisitis. Kebiasaan diet bisa memainkan peran. Dalam golongan individu dengan penurunan masukan diet, bisa menimbulkan appendisitis yang lebih besar. (Whaley & Wong’s, Essential Pediatrik Nursing)
Etiologi dari appendisitis :
• Idiopatik (tidak diketahui pasti)
• Ada beberapa hipotesa oleh karena obstruksi yang disebabkan oleh :
 Hiperplasia kelenjar getah bening / folikel limfoid
 Fekolit (feses keras)
 Benda asing : cacing (oxyuriasis vermicularis), biji-bijian yang terperangkap dalam lumen (obstruksi appendikular)
 Hematogen dari proses infeksi diluar appendiks (serosa lebih merah daripada mukosa)
 Striktur (penyempitan) oleh karena karsinoma dan fibrosis akibat peradangan sebelumnya
(Thompson’s, Pediatrik Nursing)
Kemungkinan appendisitis merupakan hasil suatu penyumbatan didalam saluran melalui usus buntu yang berasal dari usus halus. Sumbatan mungkin disebabkan oleh sedikit fese, konstriksi saluran atau terinfeksi. Penyumbatan menyebabkan radang yang berlanjut menjadi infeksi benjolan, kerusakan jaringan dan perforasi. Jika usus buntu pecah atau mengalami perforasi, infeksi masuk kedalam rongga perut, sehingga terjadi komplikasi berbahaya yang paling sering terjadi pada kasus appendisitis, yaitu peritonitis (radang selaput perut). (Dr. Robert B. Cooper, Disease Penyakit)
Terjadinya apendisitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun terdapat banyak sekali faktor pencetus terjadinya penyakit ini. Diantaranya obstruksi yang terjadi pada lumen apendiks. Obstruksi pada lumen apendiks ini biasanya disebabkan karena adanya timbunan tinja yang keras ( fekalit), hipeplasia jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, cancer primer dan striktur. Namun yang paling sering menyebabkan obstruksi lumen apendiks adalah fekalit dan hiperplasia jaringan limfoid.
Masalah pada appendiks timbul bila dia meradang. Normalnya usus seujung kelingking bayi ini tidak dimasuki oleh apapun. Tidak pula oleh tinja. Namun, sewaktu-waktu dengan penyebab yang tidak selalu jelas, dia bisa juga meradang. Ada sedikitnya lima penyebab kenapa appendiks mendadak menjadi radang. Tidak ubahnya kelenjar amandel, appendiks juga berisi kelenjar limfoid yang sama, bagian dari pertahanan tubuh mengenyahkan serangan ketika bibit penyakit datang. Kelenjar limfoid usus buntu akan membengkak bila meradang.

C. MANIFESTASI KLINIS
Apendisitis memiliki gejala kombinasi yang khas, yang terdiri dari: Mual, muntah dan nyeri yang hebat di perut kanan bawah. Nyeri bisa secara mendadak dimulai di perut sebelah atas atau disekitar pusar, lalu timbul mual dan muntah. Setelah beberapa jam, rasa mual hilang dan nyeri berpindah ke perut kanan bagian bawah. Jika dokter menekan daerah ini, penderita merasakan nyeri tumpul dan jika penekanan ini dilepaskan, nyeri bisa bertambah tajam. Demam bisa mencapai 37,8-38,8° Celcius. Pada bayi dan anak-anak nyerinya bersifat menyeluruh di semua bagian perut. Pada orang tua dan wanita hamil, nyerinya tidak terlalu berat dan di daerah ini nyeri tumpulnya tidak terlalu terasa. Bila usus buntu pecah, nyeri dan demam bisa menjadi berat. Infeksi yang bertambah buruk bisa menyebabkan syok.
(Anonim, Apendisitis, 2007)

Gejala yang sering terjadi seperti urutan berikut :
 Sakit didalam atau disekitar perut bagian kanan atas.
 Nafsu makan hilang, mual dan muntah.
 Rasa sakit terpusat pada bagian kanan bawah perut dengan perut kaku seperti papan.
 Semakin membengkak, kekejangan perut semakin berat dan sangat kaku bila dipegang.
 Bagian kiri bawah perut teralu lunak untuk disentuh, diperkirakan bagian perut mengalami peradangan.
 Sembelit (mungkin diare) demam ringan dan denyut jantung bertambah.
 Sakit perut dapat berakhir seketika (sering appendiks telah mengalami perforasi atau pecah)
(Dr. Robert B. Cooper, Disease Penyakit)
Gejala appendisitis bervariasi tergantung stadiumnya, pada saat akut maka gejalanya tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, mual-muntah saja. Pada stadium kronik, gejalanya mirip sakit maag, tidak khas dan kadang-kadang demam yang hilang timbul.
Gejala appendisitis :
• Nyeri kuadran kanan bawah dan biasanya demam ringan.
• Mual dan muntah.
• Anoreksia dan malaisse
• Nyeri tekan lokal pada titik Mc. Burney.
• Spasme otot
• Konstipasi dan diare.
(Brunner & Suddart, 1997)
Manifestasi klinis dari appendisitis :
 Nyeri abdomen kuadran kanan bawah
 Demam
 Abdomen kaku
 Bising usus menurun atau tidak ada
 Muntah (umumnya mengikuti awitan nyeri)
 Konstipasi atau diare dapat terjadi
 Anoreksia
 Takikardi, pernafasan cepat dan dangkal
 Pucat
 Letargi
 Peka rangsang
 Postur bungkuk
(Whaley & Wong’s, Essential Pediatrik Nursing)

D. PATOFISIOLOGI
Pada mulut appendiks bisa terjadi penyempitan atau penyumbatan yang menimbukan timbunan lendir didalam rongganya. Bila terjadi genangan lendir disitu, kuman didalam usus besar bisa tumbuh cepat disana. Bila peradangan itu pecah, maka kotoran manusia beserta kumannya menyebar ke rongga perut. Makanya, bila peradangan ini tidak segera di operasi bisa mengakibatkan kematian. Pada orang yang daya tubuhnya kuat, proses penyakit dan peradangannya berjalan perlahan dan menahun.
Dengan obstruksi akut pada aliran keluar dari sekresi lendir yang diblokir dan tekanan dibuat dalam lumen, menghasilkan tekanan pada pembuluh darah. Iskemia diikuti dengan ulserasi pada lapisan epitel dan invasi bakteri. Nekrosis menyebabkan perforasi atau ruptur dengan fekal dan kontaminasi bakteri pada lubang peritoneum. Inflamasi menyebar dengan cepat keseluruh abdomen (peritonitis) khususnya anak muda yang tidak dapat untuk melokalisir atau membatasi infeksi. (Whaley & Wong’s, Essential Pediatrik Nursing)
Pendisitis biasanya disebabkan oleh penyumbatan lumen apnediks oleh hyperplasia folikel limfoid, pekalid, dan benda asing, struktur karena fibrosis akibat peradangan sebelumnya, atau neuplasma. Obstruksi tersebut menyebabkan mucus yang diproduksi mukosa mengalami bendungan. Makin lama mucus tersebut makin banyak, namun elastisitas dinding apendiks mempunyai keterbatasan sehingga menyebabkan peningkatan tekanan interlumen. Tekanan yang meningkat tersebut akan menghambat aliran limfe yang mengakibatkan edema, diapedesis bakteri, dan ulserasi mukosa. Pada saa inilah terjadi apendisitis akut fokal yang ditandai oleh nyeri epigastrum. Bila sekresi mucus terus berlanjut, tekanan akan terus meningkat. Hal ini akan menyebabkan obstruksi vena, edema bertambah dan bakteri akan menembus dinding. Peradangan yang timbul meluas dan mengenai peritoneum setempat sehingga menimbulkan nyeri di daerah kanan bawah. Kadang ini disebut dengan apendisitis supuratif akut. Bila kemudian aliran arteri terganggu akan terjadi infark dinding apendiks yang di ikuti dengan gangren.stadium ini disebut dengan apendisitis gangrenosa. Bila dinding yang telah rapuh itu pecah, akan terjadi apendisitis perforasi. Bila semua proses berjalan lambat, omentum dan usus yang berdekatan akan bergerak ka arah apendiks hingga timbul suatu massa yang lokal yang disebut infiltrate apendikularis. Peradangan apendiks tersebut dapat menjadi abses atau menghilang. Pada anak-anak karena omentum lebih pendek dan apendiks lebih panjang, dinding apendiks lebih tipis. Keadaan tersebut ditambah dengan daya tahan tubuh yang masih kurang memudahkan terjadinya perforasi sedangkan pada orang tua perforasi mudah terjadi karena telah ada gangguan pembuluh darah.
http://anarawatumi.blogspot.com/
E. Asuhan Keperawatan
1. Pengkajian
Aplikasi pertanyaan kasus:
a. Kaji riwayat penyakit sekarang
 Apakah yang dirasakan anak ibu sekarang ?
b. Kaji munculnya tanda gejala
 Pada saat bagaimana bu (sedang duduk, tidur atau yang lainnya), anak mengeluh perutnya sakit ?
c. Kaji frekuensi penyakit
 Berapa kali dalam sehari anak ibu merasakan sakit ?
d. Kaji asuhan cairan dan nutrisi bayi
 Berapa kali anak ibu makan dalam sehari?
 Apakah anak ibu bisa menelan makanan yang diberikan ibu?
 Biasanya pada saat makan anak ibu mengkonsumsi makanan apa?
 Jelaskan jenis makanan dan minuman sehari-hari yang dikonsumsi oleh anak!
 Adakah jenis makanan yang dilarang karena alergi, intoleransi, sedang menjalani diet kusus?
 Adakah yang dikonsumsi oleh si anak?
 Apa makanan yang disukai dan tidak disukai oleh anak ibu?
 Perhatian apa yang ibu berikan untuk meningkatkan nafsu makan anak ibu?
e. Kaji tingkat nyeri pada anak
 Apakah anak ibu terlihat rewel?
 Apakah ada ekspresi dari anak ibu yang menunjukkan rasa kesakitan?
 Apakah anak ibu merasa kesakitan pada saat beraktifitas ?
f. Kaji riwayat keluarga dengan penyakit anak
 Apakah anggota keluarga lain ada yang mengalami penyakit tersebut?
g. Kaji adanya manifestasi klinis appendisitis
 Nyeri abdomen disebelah kanan bawah (kuadran 4)
 Demam
 Abdomen kaku
 Muntah (umumnya mengikuti awitan nyeri)
 Konstipasi atau diare dapat terjadi
 Anoreksia
 Takikardi, pernafasan cepat dan dangkal
 Pucat
 Letargi
 Peka rangsang
 Postur bungkuk
h. Kaji adanya tanda-tanda peritonitis
 Demam
 Hilangnya nyeri secara tiba-tiba setelah perforasi
 Peningkatan nyeri, yang biasanya menyebar dan disertai kaku abdomen.
 Distensi abdomen progresif
 Takikardi
 Pernafasan cepat dan dangkal
 Pucat
 Menggigil
 Peka rangsang
(Wong and Whaley’s, Clinical Manual of Pediatrik Nursing)

2. Diagnose keperawatan
a. Pre operasi
1. Gangguan rasa nyaman (nyeri) berhubungan dengan obstruksi dan peradangan pada appendiks.
2. Hipertermi berhubungan dengan proses peradangan.
3. Nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan anoreksia.

b. Post operasi
1. Gangguan rasa nyaman (nyeri) berhubungan dengan insisi bedah.
2. Resti penyebaran infeksi berhubungan dengan adanya organisme infektif didalam abdomen.
3. Gangguan integritas kulit berhubungan dengan rusaknya jaringan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar